Wednesday, 4 September 2013

Zuhud

Zuhud itu kondisi hati dan jiwa seseorang pada mengharapkan apa yang ada di sisi Allah lebih ia cintai dari apa yang ada di tangan manusia ( pujian, sanjungan, ingin dikenal orang, apa kata orang ).

Bermula seseorang menjalankan hidupnya itu dengan 'SUPAYA ORANG', 'AGAR ORANG', 'UNTUK SUPAYA ORANG', disaat itu hilang sifat zuhud, tidak ada value of zuhud dalam dirinya. Kalau dalam hidup kita semua 'orang kata, orang kata, orang kata, orang kata', hilang sifat zuhud dalam diri.

Zuhud itu suasana hati. Zuhud bukan pakaian.

عَنْ أَبِي الْعَبَّاس سَهْل بِنْ سَعْد السَّاعِدِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : ياَ رَسُوْلَ اللهِ دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ أَحَبَّنِيَ اللهُ وَأَحَبَّنِي النَّاسُ، فَقَالَ : ازْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبُّكَ اللهُ، وَازْهَدْ فِيْمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحِبُّكَ النَّاسُ .

[حديث حسن رواه ابن ماجة وغيره بأسانيد حسنة]

Dari Abu Abbas Sahl bin Sa’ad Assa’idi radhiallahuanhu dia berkata : Seseorang mendatangi Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam, maka beliau berkata : Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku sebuah amalan yang jika aku kerjakan, Allah dan manusia akan mencintaiku, maka beliau bersabda: Zuhudlah kamu di dunia ini maka Allah pasti mencintai kamu dan zuhudlah terhadap pada apa yang ada di tangan manusia maka engkau akan dicintai manusia.

No comments: